31 Ribu Lansia di Aceh Terima Vaksinasi Covid-19 Dosis I

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, didampingi Ketua TP-PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, serta Sekda Aceh,Taqwallah, Walikota Sabang, Nazaruddin, Kalak BPBA, Ilyas dan Karo Humpro Setda Aceh, Muhammad Iswanto, memantau vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Suka Jaya, Balohan, Sabang, Senin (26/7/2021) lalu.

Rumohacehnews.com, Banda Aceh – Sebanyak 31.308 orang lanjut usia (Lansia) telah menerima vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dosis I di Aceh, atau sekitar 9,2 persen dari target yang mencapai 339.125 orang. Sedangkan vaksinasi dosis II sudah dituntaskan oleh 15.301 Lansia, atau 4,5 persen. Sementara itu, pasien Covid-19 yang sembuh bertambah 43 orang.

“Para Lansia merupakan sasaran tahap kedua vaksinasi nasional setelah tenaga kesehatan, dan tampaknya perlu difasilitasi khusus untuk meningkatkan cakupan vaksinasinya,” kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Minggu (10/10/2021).

Ia menjelaskan, para Lansia itu umurnya sudah 60 tahun ke atas, sudah sepuh. Karena itu perlu difasilitasi khusus. Pemerintah Aceh dan Pemerintah kabupaten/kota telah mendekatkan pelayanan vaksinasi hingga di Puskesmas Pembantu. TNI/Polri bersama Puskesmas juga menggelar vaksinasi massal di titik terdekat dengan kegiatan masyarakat.

Akan tetapi, sambung juru bicara yang disapa SAG itu, upaya itu tampaknya belum memadai dan masih diperlukan dukungan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para keluarga besar Lansia itu sendiri. Para Lansia membutuhkan edukasi dan motivasi dari tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Selain itu, lanjut SAG, para Lansia umumnya memiliki ketergantungan dengan anak-anaknya. Dukungan anak-anaknya akan sangat membantu meringankan kekhawatirannya terhadap efek ikutan pasca imunisasi (KIPI). Terakhir, dukungan keluarga untuk membawanya ke fasilitas kesehatan terdekat atau ke tempat vaksinasi massal di gelar.

“Dukungan tokoh agama, tokoh masyarakat sekitar, dan keluarga, sangat membantu para Lansia mewujudkan harapannya mendapat vaksinasi Covid-19,” tutur SAG.

Sementara itu, Nakes yang sudah vaksinasi dosis pertama sebanyak 61.666 orang, atau 109,2 persen dari target awal yang jumlahnya sekitar 56.470 orang. Nakes yang sudah vaksinasi dosis II sebanyak 54.425 orang atau 96,4 persen. Sedangkan Nakes yang sudah mendapat dosis III vaksin Moderna sebanyak 17.872 orang atau 29,6 persen, rincinya.

Tinggalkan Balasan