Berita  

Buka Asesmen Akreditas, Sekda Harap Stai Aceh Tamiang Bawa Kemajuan

Sekda Aceh Tamiang, Drs. Asra (keempat dari kiri) bersama Ketua STAI Aceh Tamiang, Tim Asesor dan Forkopimda.

Aceh Tamiang – Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Aceh Tamiang, Drs. Asra membuka kegiatan asesmen lapangan akreditasi Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Aceh Tamiang di aula STAI setempat, Rabu (6/7/2022).

Kegiatan asesmen lapangan merupakan bentuk Akuntabilitas (Pertanggungjawaban) terhadap mutu kualitas Pendidikan Tinggi, dalam hal ini kualitas mutu STAI Aceh Tamiang.

Sekda Aceh Tamiang, Drs. Asra saat membuka acara mengatakan akreditasi menjadi hal yang penting sebagai acuan/patokan standar kualitas suatu Perguruan Tinggi.

“Status akreditasi sangat penting dalam hubungannya dengan pengakuan lembaga oleh masyarakat dan terutama sekali oleh mahasiswa dan para lulusan”, ujar Sekda.

Selain akreditasi yang harus dikejar, Sekda Asra menghimbau kepada seluruh unsur STAI Aceh Tamiang untuk menerapkan rasa memiliki.

“Kampus ini bisa maju, syarat paling utama yaitu seluruh unsur baik civitas maupun pegawai lainnya harus ada rasa memiliki. Jadi akan berusaha untuk menjaga, merawat bahkan mengembangkan yang sudah ada”, serunya.

Ia berharap, kehadiran STAI Aceh Tamiang membawa sesuatu hal yang lebih sebagai pendatang baru.

“Kita harap STAI kelak dapat berkembang maju, bersaing bahkan bersanding dengan Perguruan Tinggi dengan daerah lainnya”.

“Kalau bukan orang Aceh Tamiang dan Tim Asesor yang datang hari ini yang menghidupkan STAI, maka STAI tidak akan hidup”, tambahnya.

Sekda Asra juga berujar bahwa Pemerintah Aceh Tamiang akan mendukung perkembangan STAI Aceh Tamiang, agar anak-anak Aceh Tamiang dapat menuntut ilmu di daerah sendiri dengan mutu pendidikan yang berkualitas.

Sebelumnya, Ketua STAI Aceh Tamiang, Dr. Muzzakir Samidan Prang, SH, MH, M.Pd pelaksanaan asesmen sudah menjadi kewajiban Perguruan Tinggi (PT) untuk meningkatkan akreditas.

“Kami di daerah berusaha melakukan yang terbaik untuk mengembangkan PT di Aceh Tamiang, yang saat ini baru STAI Aceh Tamiang”, ucap Muzzakir.

Lebih lanjut Muzzakir menuturkan saat ini kampus yang dipimpinnya sedang tahap pembangunan agar mahasiswa mendapatkan fasilitas yang baik dan nyaman dalam proses menimba ilmu.

“Ini bukanlah hal yang mudah, perlu bantuan dan motivasi dari semua pihak. Semoga kedatangan Tim Asesor pendamping BAN – PT akan membawa kemajuan yang bagus untuk STAI Aceh Tamiang”, pungkasnya.

Perwakilan tim asesor, Prof. Dr. Arifuddin Ahmad, M.Ag dari UIN Alauddin Makassar mengatakan kedatangan tim untuk memastikan apakah kondisi lapangan susah benar sesuai dengan yang dilaporkan.

“Prinsipnya Kita lakukan apa yang sudah kita tulis dan Kita tulis apa yang sudah kita lakukan. Karena semua harus kita pertanggungjawabkan”, ucapnya.

Dikatakannya, akreditas sebagai penjamin memenuhi standar Nasional yg sudah ditetapkan oleh pemerintah. Mendapatkan predikat baik atau bahkan baik sekali merupakan reward dari hasil kinerja bagaimana bisa meningkatkan mutunya.

“Kita berharap kalau tim asesor datang lagi, semoga STAI Aceh Tamiang bisa sejajar dengan perguruan tinggi yang lain. Sebab seluruh masyarakat Indonesia wajib mendapatkan pendidikan terbaik”, sebut Arifuddin

Adapun tim asesor akrditasi berasal dari UIN Alauddin Makassar, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan perwakilan BAN-PT.

Turut hadir dalam pembukaan asesmen lapangan Kepala Kantor Kemenag Aceh Tamiang, Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang, Kepala Dinas Syariat Islam, Camat Karang Baru beserta Forkopimcam, para Kepala Sekolah, para alumni dan undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.