Curah Hujan Tinggi, Polsek Tamiang Hulu Pantau Situasi Banjir Saat ini

Curah Hujan Tinggi, Polsek Tamiang Hulu Pantau Situasi Banjir Saat Ini
Personil Polsek Tamiang Hulu dan Pospol Bandar Pusaka memonitoring Banjir di beberapa Desa di wilkum Polsek Tamiang Hulu, Minggu (2/1/2022).

Rumohacehnews.com, Aceh Tamiang – Kabupaten Aceh Tamiang beberapa hari ini diguyur hujan terus menerus, akibatnya sejumlah wilayah terendam banjir dan memasuki level waspada. salah satu wilayah yang menjadi pantauan serius yakni di daerah hulu, Minggu (2/1/2022).

Polsek Tamiang hulu melalui siaran persnya menjelaskan, pada hari ini Minggu tanggal 02 Januari 2022 sekira pkl 07.00 wib sampai dengan Selesai, Personil Polsek Tamiang Hulu dan Pospol Bandar Pusaka memonitoring Banjir di beberapa Desa di wilkum Polsek Tamiang Hulu yang mana banjir tersebut di sebabkan oleh tingginya curah hujan terjadi di Kecamatan Tamiang Hulu dan Kecamatan Bandar Pusaka, sehingga Debit / Volume air sungai di Kampung Kaloy dan Sungai Babo meluap, dalam siaran persnya.

Kapolres Aceh Tamiang melalui Kapolsek Tamiang Hulu Ipda Rudiono S.sos kepada awak media mengatakan,  Adapun dampak dari meluapnya Air Sungai kaloy dan sungai babo menyebabkan beberapa Desa atau rumah warga di wilkum Polsek Tamiang Hulu di genangi air, pungkasnya.

Mengingat Curah Hujan Sangat Tinggi, Anggota Polsek Tamiang Hulu Ingatkan Warga Agar Selalu Waspada.

Adapun Desa yang terdampak Banjir dan perkiraan sementara untuk jumlah Rumah yang di genangi air yakni,

 #Kec.Tamiang Hulu :

  • Dsn.Ingin Jaya Kp.Rongoh, 30 Rmh / ketinggian Air 50 – 55 Cm.
  • Dsn.Kalifah Jaya Kp.Bandar Kalifah, 28 Rumah / ketinggian Air 55 – 60 Cm
  • Dsn. Sidodadi Kp.Bandar Kalifah, 25 Rumah / ketinggian air 50 – 60 Cm.
  • Dsn Ingin Jaya Kp.Perkebunan Pulau Tiga, 30 Rumah Ketinggian Air 40 – 55 Cm.
  • Dsn. Simpang Tiga Kp.Kaloy, 30 Rumah, Ketinggian Air 60 Cm

 #Kec.Bandar Pusaka :

  • Dsn Salam Kp Babo, 10 Rumah ketinggian Air 50 Cm.
  • Dsn.Sidorejo Kp.Babo 6 Rumah, ketinggian air 45 Cm.
  • Dsn.Suka Jaya Kp.Pengidam, 4 Rumah ketinggian air 50 – 60Cm.
  • Dsn.Suka Maju Kp.Pengidam 14 Rumah, Ketinggian air 60 – 75 Cm

Ipda Rudiono S.sos juga menambahkan,  secara umum rumah warga yang di genangi air berada di pinggir sungai dan saat ini masyarakat sebagian ada yang mengungsi namun ada juga yang tetap bertahan di rumah. Hingga saat ini Volume air sungai masih terus mengalami peningkatan, Kata Kapolsek Tamiang Hulu.

Personil Polsek Tamiang Hulu dan Pospol Bandar Pusaka melakukan evakuasi, berkoordinasi dengan perangkat desa agar selalu memonitor dan memberikan informasi debit air sungai dan apabila hujan terus menerus turun di wilayah hulu dikhawatirkan debit air semakin bertambah dan semakin meluasnya dampak banjir sehingga bertambahnya rumah warga yang mengalami kebanjiran, tutup Ipda Rudiono S.sos.

Laporan: Dedi Muliyadi

Tinggalkan Balasan