Disdik Aceh Tamiang Gelar Pembinaan Kapasitas Bunda Paud

Disdik Aceh Tamiang Gelar Pembinaan Kapasitas Bunda Paud
Dr. Rita Syntia

Rumohacehnews.com, Aceh Tamiang – Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang menggelar kegiatan pembinaan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam lingkup Kabupaten Aceh Tamiang di Aula Setdakab Aceh Tamiang, Selasa (7/12/2021).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Abdul Muthalib dalam pembukaannya mengatakan kegiatan pembinaan ini sangat diperlukan bagi para kader guna mendapatkan bimbingan dalam upaya peningkatan kapasitas.

Lebih lanjut terangnya, pada tahun 2021 Bunda PAUD Aceh Tamiang telah berhasil memperoleh penghargaan Nasional dan memperoleh akreditasi tertinggi di 10 Kabupaten/Kota.

“Dengan prestasi yang telah berhasil diraih, Kita tidak bisa berpangku tangan begitu saja. Kita harus tetap berfikir bagaimana cara meningkatkan dan melayani peserta didik. Tidak hanya itu, tetap pastikan apakah kegiatan Bunda PAUD disetiap tingkatnya sudah berjalan dengan baik atau belum”, ujar Muthalib.

Abdul Muthalib berharap dengan adanya kegiatan pembinaan ini, Bunda PAUD Aceh Tamiang tidak hanya sekedar menjadi pelaku namu bisa menjadi contoh bagi Kabupaten/Kota lainnya dalam penanganan anak-anak PAUD.

Pada kesempatan yang sama, Bunda PAUD Aceh Tamiang, Dr. Rita Syntia dalam sambutannya mengatakan Bunda PAUD memiliki peran dalam proses pendidikan anak-anak usia dini, terutama Bunda PAUD tingkat kampung.

“Banyak yang masih belum memahami posisi (jabatan) dan tupoksi dari Bunda PAUD itu sendiri. Padahal proses pendidikan pada anak usia dini sangat menentukan bagaimana suatu generasi lebih baik untuk ke depannya”, jelas Rita.

Ia juga menjelaskan tugas seorang perempuan adalah sebagai pendidik keluarga, namun juga harus tetap mensosialisasikan pentingnya anak usia dini, sebab diusia tersebutlah pendidikan karakter dimulai.

“Pendidikan bagi anak usia dini sangat penting demi terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia. Untuk itu dalam menjalankan pembinaan pokja (program kerja) Provinsi haruslah dijalankan dengan benar bukan hanya sekedar meraih kemenangan semata, namun tetap sesuai dengan kearifan lokal masing-masing”, terangnya menjelaskan.

Dengan menghadirkan dua narasumber dari tingkat Provinsi, kegiatan pembinaan ini diikuti Ibu DWP Aceh Tamiang, Ketua Cabang Bhayangkari Polres Aceh Tamiang, Perwakilan Bunda PAUD masing-masing kecamatan dan kampung.

Laporan: DM

Tinggalkan Balasan