Berita  

Kunjungi Aceh Tamiang, Wawali Sawahlunto Beberkan Strategi Pengembangan Usaha Tenun Songket Silungkang

Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH, M.Kn saat mendampingi Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, SE memberikan paparan dalam FGD, Selasa (15/2/2022).

Rumohacehnews.com, Aceh Tamiang – di sela-sela menerima kunjungan Kepala Perwakilan BI Lhokseumawe, Bupati Mursil bersama Wabup Insyafuddin, juga menerima kunjungan Wakil Walikota Sawahlunto – Sumatera Barat, Zohirin Sayuti, SE, pada Selasa (15/2) kemarin di Kantor Bupati setempat.

Memanfaatkan kunjungan istimewa tersebut, Bupati Mursil langsung menggandeng Wawali Zohirin guna berbicara di forum FGD yang digelar kemarin. Di hadapan para peserta FDG, Mursil meminta Wawali Zohirin memaparkan strategi pengembangan songket khas Sawahlunto, songket Silungkang, yang kini terkenal di pelbagai mancanegara.

Menanggapi hal itu, Wawali Zohirin kemudian memaparkan strategi pengembangan usaha tenun songket Silungkang. Kepada para peserta, Zohirin menyampaikan beberapa strategi, mulai dari mengenalkan produk budaya tersebut ke masyarakat setempat, membumikannya lewat aturan daerah, hingga menggelar pameran songket yang kini menjadi even tahunan bertaraf internasional.

Wawali Zohirin menyebutkan, usaha yang paling panjang ialah bagaimana mengenalkan produk budaya tersebut kepada masyarakat sehingga timbul kecintaan dan rasa bangga ketika mereka mengenakannya. Ia menekankan, ini perlu konsistensi dan komitmen dari semua pemangku kepentingan.

Dalam kesempatan tersebut, Wawali Zohirin turut mengapresiasi usaha Pemkab Aceh Tamiang mengembangan tenun songket motif khas daerah. Ia turut memuji pencapaian kabupaten Aceh Tamiang yang telah mematenkan 25 motif songket khas daerah. Demi mendukung itu, Wawali Zohirin menjelaskan, Pemko Sawahlunto siap mendukung Aceh Tamiang dalam usaha tersebut.

“Pemko Sawahlunto siap mendukung Kabupaten Aceh Tamiang mengembangkan usaha tenun songket motif khas daerah ini. Kami siap membantu. Bapak Bupati dan kelompok usaha tenun silakan berkunjung ke kota kami, untuk melihat sendiri bagaimana usaha dan prospek usaha tenun songket Silungkang di sana hingga bisa mendunia hari ini,” ujar Zohirin mempromosikan daerahnya.

Menyahuti undangan tersebut, Bupati Mursil spontan meminta Kepala Bappeda yang ikut hadir supaya dapat merencanakan dan menyusun anggaran guna merealisasikan kunjungan ke Kota Sawahlunto. Bupati menyebutkan, kehadiran Wawali Zohirin menjadi berkah bagi Aceh Tamiang.

“kehadiran Pak Wawali ke Aceh Tamiang saya kira berkah tak terkira untuk kami. Tepat sekali waktunya. Di saat kami berencana mengembangkan usaha tenun songket motif khas Aceh Tamiang, di saat ini pula, Allah gerakkan langkah Pak Wawali untuk berkunjung ke sini. Alhamdulillah. Semoga Allah berkahi dan ridhai rencana besar kita ini,” pungkas Bupati.

Sebagaimana pemberitaan sebelumnya, Pemkab Aceh Tamiang bersama Bank Indonesia cabang Lhokseumawe menggelar Focus Group Discussion (FGD) pembentukan Klaster UMKM Unggulan melalui pendekatan Local Economic Development (LED) untuk kelompok Tenun “Puteri Lindung Bulan”. Dari sini diharapkan usaha tenun songket motif khas Aceh Tamiang dapat berkembang menjadi usaha kreatif unggulan daerah.

Tinggalkan Balasan