công ty cổ phần đầu tư liên phát công ty cổ phần đầu tư công nghệ giản đơn công ty cp tư vấn đầu tư mỏ và công nghiệp-vinacomin các ngành nghề hạn chế đầu tư nước ngoài công ty tnhh sản xuất dịch vụ và thương mại thịnh linh công ty cổ phần xây dựng và tư vấn đầu tư hoàng lê yêu e từ cái nhìn đầu tiên tập 2 chùa tứ kỳ ở đâu

Masyarakat Aceh Besar Keluhkan Pelayanan Puskesmas Lembah Seulawah Dalam Hal Standart Penanganan Pasien Covid 19

Puskesmas Lembah Seulawah, Minggu (22/8/2021/Photo: Dok.YARA).

Rumohacehnews.com, Aceh Besar – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Aceh Besar menanggapi keluhan dari masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Lembah Seulawah milik Pemkab Aceh Besar yang di nilai kurang baik dan maksimal dalam melayani terutama pada pasien yang terkonfirmasi positif covid -19.

Keluhan itu di sampaikan langsung salah satu pasien Covid -19, salah seorang Juraini Agung, berdasarkan hasil sweb antigen di Puskesmas Sare, Lembah Seulawah beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kata dia, ia tidak diberikan pelayanan layaknya pelayanan pada pasien covid -19,” ungkapnya pada media ini, Minggu, 22 Agustus 2021.

Ia menjelaskan, pada saat itu, ia sedang menjalani isolasi mandiri, tiba-tiba ia mengalamai demam tinggi, sesak napas, dan akhirnya datang kembali ke puskesmas untuk meminta pertolongan pertama ke Puskesmas, namun dia diarahkan oleh pihak Puskesmas untuk pulang tanpa ada penanganan yang serius oleh tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut.

Sementara itu, pasien sangat butuh penanganan khusus pada saat itu mengiggat kondisinya sangat lemah dan mengalami sesak dan demam tinggi. Akhirnya, pihak keluarga mengambil inisiatif melarikan pasien ke dokter praktek terdekat di Daerah Laweung Kabupaten Pidie, tanpa difasilitasi apapun oleh pihak Puskesmas Lembah Seulawah tersebut.

Padahal seharusnya, ada tindakan awal yang dilakukan terhadap pasien karena pada saat itu pasien mengalami sesak napas, seharusnya di berikan pertolongan pertama seperti pemberian oksigen, jika memang tenaga kesehatan mengkhawatirkan tertular dari pasien covid19, bukankan setiap Puskesmas memiliki pakaian APD lengkap yang telah diberikan oleh pemerintah untuk digunakan oleh setiap tenaga kesehatan dimasa pandemi seperti saat ini pada saat tenaga kesehatasn tersebut bertugas.

Ditambah lagi, pada Puskesmas tersebut ada 2 (dua) unit fasilitas Ambulans yang sangat memadai seharusnya digunakan maksimal untuk pelayanan kesehatan, namun sangat jarang digunakan untuk kepentingan fasilitas kesehatan masyarakat setempat.

Menanggapi prihal tersebut, Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Besar, Mila Kesuma, SH melalui Sektaris YARA Aceh Besar, M. Nur mengatakan meminta kepada pihak Pemkab Aceh Besar, Mawardi Ali, selaku Bupati Aceh Besar untuk meningkatkan pelayanan mutu kesehatan selama perpanjangan PPKM didaerah- daerah dalam lingkup wilayah Aceh besar khusunya,” ucap M. Nur.

Menurutnya, kata M. Nur, atas kejadian ini, memunculkan pertanyaan di kalangan masyarakat bagaimana sebenarnya kinerja tenaga kesehatan di Puskesmas Lembah Seulawah tersebut terhadap pelayanan kesehatan masyarakat dalam melayani masyarakat yang terkomfirmasi positif Covid19 di Aceh Besar,” kata M. Nur

Tidak hanya itu, Tambah M. Nur, Dia juga mempertanyakan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang semestinya diterapkan pada pasien Covid 19. Meminta kepada Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, untuk memberikan perhatian khusus terhadap layanan dan fasilitas kesehatan di Aceh Besar.

Terakhir kata M.Nur Negara telah memberikan jaminan kepada setiap warga negara untuk mendapatkan hak layanan kesehatan yang baik, ujar M. Nur.

Tinggalkan Balasan