Berita  

Rusli: Rakor DPB Bukan Hanya Formalitas, Ini Penjelasannya

Ketua Devisi Perencanaan Data dan Informasi KIP Aceh Tamiang, Rusli.

Aceh Tamiang – Dalam rangka pelaksanaan Pemutakhiran dan Pemeliharaan Data Pemilih secara Berkelanjutan dengan memeperhatikan Data Kependudukan sesuai ketentuan Peraturan Perundang – Undangan, Komisi Independen Pemilihan (KPU) Kabupaten Aceh Tamiang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triulan II Tahun 2022.

Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triulan II Tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Kantor KIP setempat dibuka langsung oleh Ketua KIP Aceh Tamiang, Ishak.

Selain dihadiri empat komisioner dan Sektetaris KIP, Achmad Yuhardha dan anggota Bawaslu Aceh Tamiang, Lindawati Rakor DPB Triulan II Tahun 2022 tersebut juga dihadiri oleh para pengurus Partai Politik, para Stakeholder diantaranya perwakilan Dandim Aceh Tamiang, Polres, Lapas Kelas IIB, Dinas Pendidikan, Kemenag, serta Dinas Capil dan RSUD Aceh Tamiang.

” Rakor hari ini merupakan Rakor Triulan II di Tahun 2022 yaitu terkait Data Pemilih Berkelanjutan (DPB),” sebut Ketua Devisi Perencanaan Data dan Informasi KIP Aceh Tamiang, Rusli kepada awak media usai rakor tersebut.

Rusli mengatakan setiap bulannya dilakukan pemutakhiran data secara internal untuk mengupdate data pemilih se-Kabupaten Aceh Tamiang. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan data yang valid dan akurat secara menyeluruh.

Dengan demikian sambung Rusli melalui kegiatan hari ini yaitu Rakor Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan, secara bersama melakukan pemeliharaan, memperbaharui dan mengevaluasi Data Pemilih secara berkelanjutan untuk dipakai dalam penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu yang akan datang.

“Kegiatan ini bukan sekedar formalitas, akan tetapi menghasilkan output yang sepadan. Harapannya pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih berkelanjutan ini dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya, sehingga daftar pemilih akan terus terupdate atau mutakhir sampai nanti saat mengahadapi Pemilu ataupun Pemilihan 2024,” jelas Rusli.

Dalam hal ini, Rusli menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikutserta dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 dengan mengudpate yang bersangkutan terdaftar atau belum terdaftar dengan datang langsung ke kantor KIP ataupun dapat dicek melalui lindungihakmu.kpu.go.id.

” Untuk Pemilu 2024 masyarakat yang mempunyai hak pilih dan belum terdaftar sebagai pemilih dapat langsung datang ke knator KIP atau dapat mengecek melalui lindungihakmu.kpu.go.id,” himbau Rusli.

Kemudian Rusli menyampaikan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triulan II Tahun 2022 terupdate data Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) dengan total sebanyak 197.375 DPB.

Kemudian Rusli merincikan untuk Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB)  Kecamatan Manyak Payed sebanyak 22.687, Bendahara15.256, Karang Baru 28.269, Seruway 19.148, Kota Kualasimpang13.394, Kejuruan Muda 24.889, Tamiang Hulu 13.502, Rantau 25.907, Banda Mulia 8.445, Bandar Pusaka 9.323, Tenggulun 11.678 dan Kecamatan Sekerak Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) yaitu sebanyak 4.881

” Total Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Aceh Tamiang yaitu 197.375,” sebut Rusli mengakhiri.

Sumber:  BernasAceh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.