Berita  

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Tamiang Hulu, Wabup Himbau Kembangkan Sektor Perkebunan

Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST saat memberikan arahan kepada para peserta Musrenbang Tahun 2023 di aula Kantor Camat Tamiang Hulu.

Rumohacehnews, Aceh Tamiang – Menghadiri Musrenbang RKPD Kecamatan Tamiang Hulu tahun 2023, Rabu (02/03/22) Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST menuturkan dalam penyusunan RKPD Tahun 2023 menggunakan 4 pendekatan perencanaan pembangunan salah satunya partisipatif dan politis.

“RKPD haruslah disusun sesuai skala prioritas. Saya harapkan kepada seluruh kepala OPD harus bersinergi dengan masyarakat dalam merencanakan agenda pembangunan di tahun depan, beberapa target dan sasaran yang belum tercapai menjadi tantangan tersendiri untuk mendapat perhatian khusus melalui proses kajian dan analisis mendalam”, ujarnya.

Ia menerangkan, banyak target kerja yang tidak terlaksana akibat Covid-19 yang menyebabkan terpotongnya anggaran.Dirinya berharap, pada tahun 2023 dan 2024 mendatang bisa dimasukkan kembali program kerja yang belum terlaksana.

“Kita sudah suruh Camat untuk mendata titik-titik jalan yang rusak dari dantujuannya mudah-mudahan agar kedepannya jalan-jalan tersebut dapat segera di perbaiki sehingga masyarakat dapat nyaman dalam berkendara,” ujar Wabup.

Selain itu, Ia juga menghimbau kepada para Datok Penghulu agar bekerja dengan bagus dan niatkan ibadah karena Allah sWT.

“Banyak jalan menuju surga, bisa jadi Bapak dan Ibu sekalian masuk surga bukan karena sholat dan puasanya, namun karena niat bekerja yang lillahi ta’ala bukan karena banyaknya ADD dan alasan lain sebagainya.

Melihat potensi yang dimiliki oleh Kecamatan Tamiang Hulu adalah perkebunan. Wabup menghimbau kepada Datok Penghulu agar dapat mengembangkan lahan produktif.

“Tamiang Hulu ini memiliki potensi perkebunan yang tinggi daripada tambangnya. Maka dari itu, coba tingkatkan lagi menanam pohon yang dapat menghasilkan seperti menanam jengkol, pinang, durian dan pohon lainnya yang produktif sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya dalam laporan Camat Tamiang Hulu M. Nur menjelaskan bahwa pelaksanaan Musrenbang diikuti dari perwakilan masing-masing Kampung sebanyak 3 orang serta beberapa unsur yang ada di Kecamatan Tamiang Hulu dengan total peserta sebanyak 35 peserta. Dikatakannya, Musrenbang kampung yang dihadiri unsur Pendidikan, Pertanian, Kesehatan, dan tokoh masyarakat yang ada di masing-masing Kampung.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah banyak berkontribusi membantu pembangunan infrastruktur di Kecamatan Tamiang Hulu seperti membangun jembatan dan jalan. Begitu juga dari aspirasi anggota DPRK Aceh Tamiang,” sebutnya.

Dirinya juga berharap agar pelaksanaan Musrenbang hari ini yang sudah disepakati dapat terealisasi di tahun 2023.

Hadir dalam kegiatan, Anggota DPRK Aceh Tamiang wilayah Dapil 3, unsur Bappeda, perwakilan dari beberapa SKPK dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, para Datok Penghulu, Kepala Mukim, MDSK, Tokoh Masyarakat Kecamatan Tamiang Hulu.

Laporan: Md