Berita  

Vaksinasi PMK Hari Ke II Pada Ternak Sapi Di Kabupaten Aceh Tamiang

Aceh Tamiang – Pada hari Senin tanggal 27 Juni 2022 sekira jam 09. 30 wib telah di laksanakan Vaksinasi PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ) hari ke II pada ternak sapi bertempat di Pos BPP ( Balai Penyuluhan Pertanian ) Desa Alur Jambu Kec.Bandar Pusaka Kab.Atam yang di hadiri +- 20 Orang.

Turut hadir diantaranya
Mewakili Dirjen Kementrian Pertenakan RI Drh.M.Sukron
Plt.Kadis Pertenakan Provinsi Aceh
Kepala Dinas Pertanian, perkebunan dan peternakan Kabupaten Aceh Tamiang Safuan,SP.
Kabid Kesehatan Hewan dan Veteriner Prov.Aceh a.n. Drh. Ruhaty.
Danramil 05/THU Kapten Inf.Abidin.
Sekertaris Dinas Pertanian Drh.Nasir.
Kabid Peternakan Kab.Atam Iwan Hadi.SP.
Para staf Dinas Pertanian Provinsi Aceh dan Dinas Pertanian, perkebunan dan peternakan Kabupaten Aceh Tamiang
Para masyarakat Desa Alur Jambu pemilik ternak sapi.

Adapun beberapa penyampaian diantaranya :

Penyampaian Perwakilan Dirjen Kementrian Petenakan RI Drh.M.Sukron sebagai berikut

Bahwa Vaksin PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ) pada ternak di Kab.Atam akan berlanjut pada tahap ke II guna untuk mengantisipasi merebaknya virus menjangkit ke beberapa Kabupaten/Kota lainya.

Dirjen Peternakan RI akan berkonsentrasi penuh dengan bekerjasama dengan Dinas Prov.Aceh dan Dinas Distanbunak Kab.Atam untuk mengoptimalkan agar penyakit PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ) di Kab.Atam yang sempat di nyatakan menjadi daerah darurat PMK kembali aman dan PMK hilang seperti sedia kala.

Laporan Kepala Dinas Pertanian, perkebunan dan peternakan Kabupaten Aceh Tamiang Safuan,SP. Kepada perwakilan Dirjen Kementrian Pertenakan RI diantaranya :

PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ) di Kab.Atam sudah di nyatakan sembuh dari jumlah +- 8000an ( Delapan Ribuan ) ternak yang terjangkit PMK hari ini tinggal tersisa +- 500an ( Lima ratusan ).

Menyikapi darurat wabah PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ) di Kabupaten Aceh Tamiang Pemda Kabupaten Aceh Tamiang bekerjasama dengan jajaran Kodim 0117/Aceh Tamiang dan Polres Aceh Tamiang untuk melaksanakan upaya pengobatan ternak – ternak masyarakat yang terjangkit wabah PMK yang di lakukan dengan 2 ( dua ) cara penanganan pengobatan diantaranya :

Secara medis dengan di lakukan pemberian obat-obatan seperti antibiotik, obat penurun panas dan Vitamin hewan.

Secara Tradisional dengan menganjurkan kepada peternak untuk memberikan jamu berupa gula merah, induk kunyit dan sedikit asam jawa kemudian di minumkan kepada ternak yang terjangkit wabah PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ).

Dalam menghadapi pelaksanaan Qurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 H Stok hewan ternak untuk Qurban di Kab.Atam tidak menemukan kendala dan nantinya akan di laksanakan pemeriksaan terlebih dahulu oleh Dokter Hewan yang berwenang terhadap hewan Qurban sebelum di sembelih/di potong.

Kegiatan Vaksinasi PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ) tahap I di Kab.Atam selesai pada jam 12.30 WIB berjalan dengan aman dan lancar.

Pada tahap pertama Kab.Atam mendapatkan 300 Dosis Vaksin PMK dari Dinas Dinas Pertanian, perkebunan dan peternakan Prov.Aceh telah habis di distribusikan dan di suntikan ke hewan ternak yang di bagi di 3 ( tiga ) Desa diantaranya :

Desa Serba Kecamatan. Bandar Pusaka 100 Dosis.
Desa Alur Jambu Kecamatan Bandar Pusaka 100 Dosis.

Desa Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu 100 Dosis
Selanjutnya pada Vaksin PMK tahap II Dinas Pertanian, perkebunan dan peternakan Kab.Atam akan mendistribusikan Vaksi melalui Posko Vaksin PMK yang telah di bentuk menjadi 4 ( empat Posko ) diantaranya :

Posko 1 meliputi Kecamatan Bandar Pusaka, Kecamatan Tamiang Hulu dan Kecamatan Sekerak

Posko 2 meliputi Kecamatan Kejuruan Muda dan Kecamatan Tenggulun dan Kecarantau

Posko 3 meliputi Kecamatan Karang Baru, Kecamatan. Kuala Simpang, Kec. Manyak Payed.

Posko 4 meliputi Kecamatan Seruway, Kecamatan Bendahara dan Kecamatan Banda Mulia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.