moi gioi nha dat dong xoai vit tu khoan dau du công ty cổ phần đầu tư thương mại và phát triển công nghệ fsi đầu tư nước ngoài vào việt nam 2022 nếu anh được lựa chọn đầu tư eu vào việt nam công thức tính lãi suất đầu tư
Berita  

Wabup Insyafuddin: Pembangunan Spald-T Solusi Masalah Lingkungan

Wabup Insyafuddin: Pembangunan Spald-T Solusi Masalah Lingkungan
Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST saat melakukan pemotongan pita tanda peresmian SPALD-T KSM Asri Tanjung Seumentoh, Karang Baru. [Doc. Humas 2021]

Rumohacehnews.com, Aceh Tamiang – Wabup Insyafuddin, Dalam pemenuhan kebutuhan sarana sanitasi dalam penanganan air limbah permukiman bagi masyarakat, hari ini Rabu, (22/12/2021) Wakil Bupati Aceh Tamiang, Tengku Insyafuddin, ST meresmikan bangunan SPALD-T (Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat) Sanimas Reguler Tahun 2021 Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Asri Tanjung Seumentoh di Kampung Tanjung Seumentoh, Karang Baru.

Pembangunan ini sebagai upaya untuk penanganan air limbah permukiman bagi masyarakat di lingkungan padat penduduk, kumuh, dan rawan sanitasi dengan pendekatan yang tanggap kebutuhan (berbasis masyarakat). Demikian disampaikan Insyafuddin dalam sambutannya. Menurutnya, akses penduduk kepada prasarana dan sarana air limbah permukiman pada dasarnya erat kaitannya dengan aspek kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan, sosial budaya serta kemiskinan.

“Semakin besar akses penduduk kepada fasilitas prasarana dan sarana air limbah permukiman serta pemahaman tentang higienitas semakin kecil kemungkinan terjadinya kasus penyebaran penyakit yang ditularkan melalui media air (water borne diseases),” kata Insyafuddin.

Oleh karena itu, penyediaan prasarana dan sarana air limbah permukiman bagi masyarakat di lingkungan padat penduduk, kumuh dan rawan sanitasi menjadi sebuah solusi.

“Pembangunan SPALD-T ini merupakan salah satu langkah konkret dalam menjawab persoalan sosial yang sedang berkembang di wilayah kita seperti permasalahan lingkungan khususnya pembuangan limbah ke sungai,” tambahnya lagi.

Melalui pembangunan SPALDT ini, Insyafuddin berharap tingkat kesadaran masyarakat sekitar akan pengelolaan limbah sangat penting sebelum dibuang langsung ke aliran sungai.

Dalam pada itu juga, Perwakilan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh, Susi Nurhayati menyampaikan, jika air limbah tidak dikelola terlebih dahulu, maka akan sangat berdampak pada kehidupan masyarakat. Dirinya berharap agar seluruh masyarakat saling menjaga bangunan SPALD-T tersebut sehingga dapat terus digunakan dalam jangka panjang.

Diawal peresmian, Ketua Kelompak Swadaya Masyarakat (KSM) Asri Tanjung Seumentoh, Ahmad Ramlan menyampaikan program pembangunan ini bertujuan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat kampungnya.

“Jika kepedulian masyarakat tentang lingkungan sudah tinggi, maka lingkungan kita akan bebas dari pencemaran air dan tentu kita akan sehat,” ujar Ahmad.

Besar harapan seluruh pihak, dengan adanya sarana pengelolaan limbah ini dapat mencegah dan meminimalisir terjadinya banjir di Aceh Tamiang. Pada acara peresmian tampak hadir Sekretaris Dinas Kesehatan, Irianto, Camat Karang Baru, Iman Suhery dan seluruh perangkat kampung Tanjung Seumentoh.

Laporan: DM

Tinggalkan Balasan